Software sekolah gratis

0
81
views

Software sekolah gratis yang bernama JIBAS telah lebih dari 6 tahun pengembangan dan ribuan kali download, merupakan software sekolah terlengkap. Software JIBAS bisa digunakan oleh semua orang dan dapat didownload secara gratis.
Berasal dari Bandung, JIBAS telah banyak digunakan oleh sekolah khususnya di indonesia. Penulis sendiri pernah mengimplementasikan JIBAS di salah satu sekolah di Palembang. Software sekolah gratis JIBAS ini termasuk software yang mudah digunakan dan sangat lengkap dengan berbagai macam modul yang mencakup seluruh operasional sekolah. Modul-modul JIBAS antara lain:

  1. Akademik. Modul akademik ini berguna untuk pengelolaan data akademis sekolah seperti nilai, raport, hingga kenaikan kelas
  2. Keuangan. Modul khusus pengelolaan keuangan sekolah
  3. Perpustakaan. Modul pengelolaan perpustakaan sekolah, di modul ini juga mampu mengelola pinjaman buku
  4. Kepegawaian. Modul khusus pendataan pegawai sekolah
  5. Info Guru dan Info Siswa. Modul ini dikhususkan untuk guru, siswa, dan wali siswa. Dimana dengan modul ini guru bisa mengisi nilia-nilai berdasarkan mata pelajaran yang diajarkan, dan Info Siswa berguna utnuk siswa dan wali siswa untuk melihat nilai, raport, buku pinjaman dan sebagainya
  6. Absensi Finger print. Modul yang ini bisa dibilang satu-satunya ada di software sekolah buatan Indonesia, modul absen dengan menggunakan mesin finger print, memudahkan pengelolaan data absen siswa dan pegawai sekolah
  7. Anjungan informasi. Modul informasi layaknya sebuah anjungan, dengan modul ini akan memudahkan pengunjung sekolah mengetahui informasi sekolah
  8. Letter store. Modul pengarsipan dokumen-dokumen sekolah ke bentuk digital.

Selain 8 modul di atas masih ada beberapa lagi modul-modul yang disediakan oleh JIBAS. Dengan banyaknya modul-modul yang disediakan, membuat JIBAS layak mendapatkan gelar software sekolah gratis terlengkap dan sangat rekomendasi.

Software sekolah gratis JIBAS

Oh iya, di atas sebelumnya penulis mengatakan pernah mengimplementasikan JIBAS. Berdasarkan pengalaman penulis, JIBAS sangat mudah diimplementasikan, bahkan untuk dirubah sesuai dengan kebutuhan sekolah, mengingat JIBAS merupakan software open source, maka kode sumber software ini bisa dengan mudah dirubah sesuai dengan kebutuhan.

JIBAS – Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah

Untuk implementasi JIBAS, diperlukan web server (xampp, lampp, wamp dan sebagainya) karena JIBAS sendiri merupakan software berbasis web. Tidak perlu install disetiap komputer, cukup install JIBAS di web server, dan software bisa dijalankan melalui web browser.

Bagi implementor fungsional, JIBAS sangat mudah digunakan. Lain ceritanya jika implementor juga bekerja secara teknikal dalam artian juga mengurusi beberapa perubahan kode JIBAS agar menghasilkan sistem yang sesuai dengan kebutuhan, hal ini cukup rumit. Rumit karena software seklah gratis JIBAS ini masih menggunakan cara pengkodean lama yaitu metode strktural bukan OOP terlebih masih menggunakan sintaks lama.

Nah buat pengunjung yang ingin mencoba seperti apa JIBAS, bisa langsung ke website JIBAS. Cobalah versi demo yang disediakan disana.

Leave a Reply