Pentingnya website untuk bisnis

0
69
views

Pentingnya website untuk bisnis saat ini sebagai salah satu alat untuk meningkatkan sayap bisnis kita. Web menjadi alat krusial untuk menguasai pasar dan meraih pasar secara nasional bahkan internasional.

Memiliki web untuk bisnis sama halnya kita membuka cabang kantor nasional hingga internasional yang beroperasional 24 jam.

Pada artkel pentingnya website untuk bisnis ini kita akan lihat juga potensi pasar internet melalui website sangatlah besar dan selalu meningkat dari waktu ke waktu, hal ini merupakan imbas dari terus meningkatnya pengguna internet dari waktu ke waktu.

Sebagai contoh saja, pengguna internet di Indonesia saja mencapai angka 132 juta jiwa, dan jumlah ini masih akan terus meningkat.

pentingnya website untuk bisnis

Untuk mengetahui potensi pasar internet untuk bisnis, mari kita buat ilustrasi berikut:

Fulan memiliki sebuah produk seharga 100rb, dan Fulan juga memiliki web untuk menjual produknya tersebut dimana rata-rata kunjungan web milik Fulan adalah 1% per tahun saja dari total pengguna internet. Dari total kunjungan itu hanya 10% saja yang tertarik dan dari mereka yang tertarik hanya 1% saja yang benar-benar membeli. Dari ilustrasi tersebut mari kita hitung berapa penghasilan yang di dapat oleh Fulan.

  1. Produk Fulan 100.000
  2. Total kunjungan web -> 132.000.000 x 1% = 1.320.000 per tahun
  3. Total pengunjung yang tertarik -> 1.320.000 x 10% = 132.000
  4. Yang benar-benar membeli -> 132.000 x 1% = 1320
  5. Total penghasilan Fulan per tahun -> 1320 x 100.000 = 132.000.000

Perhatikan, benar-benar luar biasa ya. Hanya dengan 1% saja dari total seluruhnya dengan produk seharga 100rb. Fulan mampu menghasilkan 132jt per tahunnya. Logikanya jika Fulan memiliki lebih dari 1 produk dan setiap produk sudah menempati ruang pasarnya sendiri, bisa kita bayangkan berapa penghasilan si Fulan.

Nah terlebih lagi sekarang ini sudah mulai marak jual beli online baik melalui marketplace maupun melalui website yang dikelola sendiri. Ini tentunya terjadi karena semakin meleknya masyarakat aka teknlogi yang semakin maju berkembang, dan mereka memanfaatkan teknologi untuk kebutuhan bisnis.

Jadi sudah tidak ada kata tabu lagi bagi kita untuk segera meng-online-kan bisnis kita. Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana caranya, web seperti apa yang cocok, cara kelola website yang benar sehingga bisa menghasilkan kunjungan yang berpotensi.

Sebelumnya kita perlu tau dulu jenis-jenis website yang ada, khususnya yang sering digunakan untuk berbisnis, langsung saja:

  1. Web profil. Jenis web paling umum dan tidak terlalu rumit pengelolaannya, kita hanya perlu menambahkan informasi penting di dalamnya dan biarkan saja tanpa perlu sering update konten. Jenis web ini hanya cocok bagi kita yang belum memiliki niat untuk meng-online-kan bisnis namun ingin produk yang kita tawarkan dikenal oleh pengguna internet
  2. Sales Letter web. Web jenis ini sangat banyak digunakan oleh para internet marketing, cocok menjual 1 produk atau berfokus pada 1 produk. Isi web ini berupa informasi penting seperti kontak, nama produk, manfaat produk, CTA (call to action), testimonial dan sebagainya. Web ini juga tergolong mudah dalam pengelolaannya, karena cukup membuat halaman biasanya panjang ke bawah atau biasa disebut One Page Website tanpa perlu sering melakukan update konten, namun kita perlu memahami banyak plugin yang berguna untuk meningkatkan kunjungan
  3. Online shop. Web jenis ini bisa dibilang web yang cukup rumit, karena kita harus melakukan update konten berupa produk dan juga artikel, artikel berguna untuk meningkatkan kunjungan website. Selain itu transaksi yang bisa dilakukan secara online memberikan kemudahan tersendiri disamping kita juga perlu terus memantau website

Nah diatas adalah sedikit contoh untuk website yang sering digunakan, meski secara prakteknya banyak variable yang mempengaruhi kunjungan website. Tapi setidaknya jika kita memutuskan untuk membuat website, kita tau jenis web seperti apa yang ingin dibuat sesuai dengan kebutuhan

Leave a Reply