Membangun website Hotel bernilai puluhan juta

0
53
views
membangun website hotel

Halo….lama tidak posting dikarenakan kesibukan mengerjakan project, kali ini saya ingin membagi pengalaman saya baru-baru ini mengenai salah satu project yang saya kerjakan. Project tersebut adalah membangun website hotel di jakarta, tidak tanggung-tanggung nilai project membangun website hotel ini puluhan juta dan saya mengerjakannya dengan bantuan wordpress.

Apa saja fitur-fitur yang ada di dalam website tersebut?, dikarekan website ini adalah website untuk hotel maka sudah tentu ada fitur online booking yang harus disediakan, selain itu juga fitur restaurant, untuk payment gateway kita bisa biarkan secara manual saja (biar admin hotelnya ada kerjaan gitu ­čśÇ ).

OK…untuk fitur setidaknya sudah diketahui ada fitur penting yaitu online booking, maka tugas selanjutnya adalah mencari template wordpress yang cocok dengan fitur tersebut. Cara paling ampuh adalah dengan mencarinya di web marketplace template yang sudah tidak asing lagi themeforest. Nemu deh template yang namanya Hotel Master, menurut saya cukup komplit dan sudah ada fitur online booking tersebut.

membangun website hotel

Implementasi template dalam project membangun website hotel kali ini cukup mudah, karena semua fitur yang dibutuhkan sudah disediakan, bahkan kita bisa membuat data Room dan Hostle. Fitur slide show yang ada pada template ini juga sangat membantu dalam hal mempercantik website. Disediakan juga fitur untuk melakukan cek ketersediaan Room sesuai pada tanggal yang dipilih. Fitur yang menarik dar template tersebut yaitu adanya page builder yang sudah ditanamkan, sehingga memudahkan kita dalam mempercantik Page yang kita buat, baik untuk Home Page

Selain fitur-fitur yang sudah saya sebutkan sebelumnya, ada beberapa fitur lain yang belum ada namun bisa kita tambahkan, diantaranya adalah fitur untuk menampilkan lowongan kerja (Karir) dan juga restoran. Untuk restoran ini pemilik hotel mengininkan bisa dipesan secara online juga. Fitur restoran saya menggunakan plugin Restaurant Menu. Dan untuk fitur lowongan kerja saya menggunakan plugin Simple Job Board. Semua plugin tersebut terbilang mudah diimplementasikan, selain itu juga lengkap.

Selain semua fitur di atas yang saya sebutkan, saya juga menambahkan plugin lainsebagai pemanis diantaranya Yoast SEO yang sudah barang wajib, siteOrigin Page Builder, dan tentu saja plugin untuk sosial media.

Nah setelah semua website selesai, pekerjaan lain yang perlu dilakukan adalah pelatihan ke tim hotel mengenai cara pengoperasian website. Pelatihan terdiri dari cara membuat Post, Page, Slide show, SEO dan sebagainya. Dan semua berakhir bahagia…. ­čśÇ

Leave a Reply