Implementasi absensi finger print untuk siswa

0
106
views

Implementasi absensi finger print untuk siswa merupakan salah satu pengalaman saya dan tim dibidang IT.

Malem-malem update post sebelum tidur. Kesempatan kali ini saya mau berbagi pengalaman saya beberapa tahun silam melakukan implementasi absensi finger print untuk siswa di sebuah sekolah swasta Tanjung Enim Palembang.

Perjalanan panjang dalam implementasi sebelum absensi finger print.

Alkisah berawal dari permintaan dari tim Arif Rachman Associate (ARA) sebuah konsultan pendidikan yang didirikan oleh Bpk.Arif Rachman. Dari tim ARA meminta saya dan tim untuk mengisi sebuah materi mengenai pemanfaatan software sistem untuk sekolah. Setelah selesai mengisi materi tersebut, saya dan tim diminta kembali untuk membangun dan implementasi software sistem sekolah.

Setelah melewati banyak diskusi akhirnya terpilihlah sebuah software open source JIBAS sebaga software yang kami implementasikan. Waktu berlalu, kami tidak hanya melakukan implementasi tapi juga memodifikasi beberapa sistem agar sesuai dengan kebutuhan sekolah.

JIBAS

Perjalanan panjang dalam implementasi telah dilewati hingga akhirnya tim yayasan pengelola sekolah menginginkan adanya software absensi finger print untuk siswa. Berhubung sebelumnya kami telah mengimplementasikan software JIBAS, maka untuk absensi finger print ini kami juga menggunakan JIBAS Finger Print.

absensi finger print

Siswa melakukan Absen melalui mesin finger print

Alasan kami memilih JIBAS finger print, tentunya karena diawal kami telah implementasi software sistem sekolah, sehingga untuk implementasi finger print kami hanya tinggal meneruskan saja. JIBAS finger print ini merupakan sebuah software berbasis VB.Net (desktop) dengan mesin finger print merk Digitalpersona UAREU 4500 yang dilengkapi dengan casing dari akrilik putih. Harga waktu kami membeli mesin tersebut sekitar 3jtan. Selain itu software JIBAS finger print ini juga dilengkapi dengan SMS Gateway, sehingga kami pun membeli perangkat SMS Gateway guna memaksimalkan fitur absensi finger print tersebut.

Dikarenakan software berbasis desktop, oleh karenanya dibutuhkan layar agar hasil tangkapan sidik jari bisa terlihat sukses atau tidak. Berbeda jika menggunakan mesin finger print stand alone seperti merk Solution X100C yang muncul suara ketika melakukan scan sidik jari.

Layar hasil sidik jari

Oke…untuk kali ini cukup itu dulu yang saya bagikan, sebetulnya ada impelemntasi lanjutan untuk absensi finger print ini, dimana saya dan tim membuat software berbasis web dengan mesin finger print Soluton X100C dan terintegrasi dengan database JIBAS. Dilain waktu akan saya ceritakan kembali, semoga tulisan ini bisa memberi inspirasi 🙂

Leave a Reply